Kerajinan Pramuka : Lampion Tunas Kelapa


Kerajinan Tangan Hasta Karya Bertema Pramuka Tunas Kelapa - Hi guys, sori udah lama ga posting nih, kali ini gw mau posting tentang kerajinan tangan made by joshua hehe. waktu itu gw kelas X dan dapet tugas dari guru seni ngebuat lampion dari balon. gw bingung mau buat lampion dengan hiasan apa, ngeliat temen-temen gw lampionnya pada bagus-bagus lagi   --'.
So, gw nemuin ide buat lampion bentuk tunas kelapa karena ketidaksengajaan. waktu gw buat lampion bentuk bulat, gw gantungin dah di kamar sambil dikipas-kipas biar kering. terus pas udah kering, gw liat lampion bulat gw malah jadi kayak kelapa (bentuknya ga beraturan :3). langsung deh kepikiran buat bentuk tunas kelapa.
Langsung aja gw nyari bahan-bahan buat ngelengkapin lampion gw.
Penasaran bahannya dari apa? check this out!!


Alat dan Bahan :
1. Balon karet.
2. Benang Jahit (warna coklat).
3. Lem Kayu (lem Fox / merek lain).
4. Pipa (panjang disesuaikan).
5. Kain Flanel (warna coklat).
6. Jarum Jahit.
7. Selang Kecil. (panjang disesuaikan).
8. Lem Tembak.
9. Pasir secukupnya.
10. Api (bisa kompor, lilin, dll.).
11. Alat untuk melubangi (obeng, paku, dll.).
12. Cat (warna coklat).
13. Dakron (isi Kapas)
14. Gunting.
15. Rangkaian Lampu.

Cara Membuat :
1. Tiup balon (jangan terlalu besar, jangan terlalu kecil). Ikat ujungnya.
2. Oleskan lem kayu ke sekeliling balon tersebut secara merata.
3. Lilitkan benang jahit mengelilingi balon yang telah diolesi lem kayu tadi sampai semua permukaan balon tertutup. (jangan melilit terlalu kencang karena akan membuat lampion menjadi tidak bagus).
4. Angin-anginkan lampion tersebut sampai kering.
5. Setelah kering, kempeskan balon. Jadilah lampion berbentuk bulat.
6. mulai dari sini, gw menggunakan kreasi sendiri. Isilah pipa dengan pasir yang telah disiapkan sampai penuh.
7. Bakar pipa tersebut di bagian tengah agak kebawah. lalu bengkokkan sedikit agar menjadi batang tunas kelapa. Setelah selesai, buang isi pasir yang ada dalam pipa tersebut.
8. Lalu lapisi pipa tersebut dengan kain flanel cokelat.
9. Buatlah lubang sebesar diameter selang di bagian bengkokkan pipa, lalu masukkan selang ke dalam lubang pipa tersebut, lengkungkan ke arah bawah. Jangan lupa selang dicat dengan warna cokelat.
10. Buatlah pola daun tunas kelapa pada kain flanel sebanyak 2 buah lalu jahit di sekelilingnya. Sisakan ujung bawah daun untuk memasukkan dakron. 
11. Masukkan dakron ke dalam kain flanel yang telah dijahit.
12. Beri lem pada ujung daun bagian bawah, lalu masukan ujung daun bagian bawah ke dalam pipa.
13. Lubangi lampion di bagian samping untuk tempat masuknya pipa (jadi lampion mempunyai 2 lubang, bawah dan samping).
14. Masukkan pipa ke dalam lubang yang berada di samping,  tekan agak ke atas agar batang tunas menjadi tegak, lalu lem di sekelilingnya agar tunas tidak bergoyang. (bagian balon akan penyok sedikit, namun tidak apa-apa)
15. Letakkan balon pada lampu yang telah dirangkai. Lampion siap dinyalakan.

Baca juga : Permainan Pramuka Seru "Kayu Bersambung"

No comments:

Post a Comment