Benarkah Jika Memakai Baju Merah Saat Hujan Akan Tersambar Petir?

"Jangan pakai baju merah kalau sedang hujan, nanti tersambar petir." Begitulah mitos yang pernah saya dengar sewaktu kecil. Hingga kini, saya masih penasaran apakah hal tersebut benar adanya.

Setelah melakukan sedikit riset kecil, saya pun mendapatkan informasi perihal benar atau tidaknya mitos Jika Memakai Baju Merah Saat Hujan Akan Tersambar Petir.

Petir, Geledek, Halilintar, atau Guntur menurut definisinya adalah "gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh."

Baju adalah isolator (penghantar panas yang buruk). Oleh karena itu, ternyata tidak ada hubungannya jika memakai baju merah akan membuat kita tersambar petir. Pun warna, juga tidak memiliki hubungan dengan kesempatan tersambar petir. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mitos yang selama ini beredar TIDAK BENAR.

Walaupun begitu, bukan berarti petir tidak bisa menyambar. Berikut saya sertakan beberapa cara menghindari resiko tersambar petir:
1. JAUHI KEBERADAAN DI TEMPAT TINGGI
Petir biasanya cenderung menyambar di tempat-tempat tinggi, seperti : pohon, tebing, menara, dan gedung pencakar langit. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa pada gedung tinggi harus disertakan penangkal petir. Jadi, jangan berada di tempat yang tinggi sewaktu hujan dan ada petir ya.



2. CARI TEMPAT BERLINDUNG
Jangan berhujan-hujanan, carilah tempat berlindung, misalnya rumah atau mobil. "Tapi, mobil kan rangkanya dari logam? Logamkan konduktor (penghantar panas yang baik)." Ya, memang benar, alasan utama mengapa kita tidak tersambar petir ketika berada didalam mobil karena adanya "Sangkar Faraday." Sangkar tersebut merupakan wadah tertutup yang terbuat dari bahan konduktor. Jadi, medan listrik dari luar tidak dapat masuk ke dalam mobil, sebaliknya medan listrik dari dalam mobil juga tidak bisa keluar.

Benarkah Jika Memakai Baju Merah Saat Hujan Akan Tersambar Petir?

3. DEKATI OBJEK YANG LEBIH TINGGI
Ketika berada di tempat terbuka dan tidak terdapat gedung atau rumah untuk berlindung, segeralah mendekati objek yang lebih tinggi, tapi JANGAN POHON. Dikarenakan petir yang menyambar pohon akan meloncat ke tubuh orang yang berada di dekatnya. Sulur-sulur pohon juga bisa menjalarkan petir ke tubuh. Kendati harus mendekati objek yang tinggi, namun jangan terlalu dekat dengan objek tersebut, jarak maksimal paling aman adalah 2,5 meter dari objek. Alasan harus mendekati objek yang lebih tinggi adalah karena petir cenderung menyambar sesuatu yang tinggi. Jadi, tidak akan menyambar kalian jika ada objek yang lebih tinggi. 

Baca juga : Lihat Warna-warni Sinyal Wi-Fi di Sekitarmu !!


Benarkah Jika Memakai Baju Merah Saat Hujan Akan Tersambar Petir?

Mungkin kalian pernah membaca berita tentang orang yang tersambar petir di tengah sawah? Hal tersebut dikarenakan orang tersebutlah objek yang paling tinggi pada saat di sawah tersebut.

Intinya, petir akan menyambar sesuatu yang TINGGI dan mitos baju merah akan tersambar petir adalah TIDAK BENAR.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment